Ads Top

Harga dan Spesifikasi Kamera Olympus EM10 mark II

Harga dan Spesifikasi Kamera Olympus EM10 mark II
Harga dan Spesifikasi Kamera Olympus EM10 mark II   -*mk II adalah kamera mirrorless di lini OM-D yang ditujukan untuk fotografer pemula yang mencari kamera mirrorless yang lebih lengkap dan serius namun tidak semahal E-M5. Kamera seri OM-D punya ciri fisik mirip DSLR, dengan jendela bidik di bagian atas (bukan disamping kiri seperti kamera mirrorless ala rangefinder pada umumnya) dan sedikit lebih besar dari kamera seri Pen (misal EPL7, Pen F dsb), serta punya banyak kendali untuk aneka setting. IMG_9169 Di generasi kedua dari lini E-M10 ini Olympus memberi 5 axis stabilizer (sebelumnya hanya 3 axis) dan peningkatan lain (electronic shutter, jendela bidik semakin detail, 60 fps video dsb) serta fitur baru seperti 4K timelapse dan AF target pad. Desain kedua kamera juga sedikit berbeda khususnya di tuas on-off, yang kini menjadi satu dengan tuas untuk mengangkat built-in / pop up flash. Sebagai info, di OM-D E-M5 malah tidak disediakan built-in flash. IMG_9159 Menurut saya desain EM10 mk II ini cukup ideal. Ukuran pas ditangan, grip cukup nyaman (kalau kurang besar ada aksesori resmi untuk menambah ukuran grip), bodi berbahan logam dan tata letak tombol dan roda yang pas. Layar lipat dan sentuh juga jadi bonus yang menyenangkan. Super Control Panel Pengaturan Shadow dan Highlight Kustomisasi tombol yang lengkap Tombol Fn2 setelah saya kustomisasi Di waktu yang terbatas saya tidak bisa menguji banyak hal dari kamera ini.

Harga dan Spesifikasi Kamera Olympus EM10 mark II -*Walau di foto ilustrasi ini kamera dipadankan dengan lensa 25mm fix, tapi selama review fotonya diambil dengan lensa 12-50mm f/3.5-6.3. Hal pertama yang saya lakukan setelah menerima pinjaman kamera dari Olympus OCCI ini adalah mengkustomisasi kamera sesuai gaya saya. Untungnya kamera Olympus terkenal bisa banyak dikustomisasi yang membuat kameranya terasa lebih personal. Beberapa hal yang saya atur sebelum memotret : mengaktifkan Super Control Panel (SPC) untuk memudahkan ganti setting dengan cepat memprogram tiga tombol Fn, Fn1 untuk auto fokus, Fn2 untuk setting ISO+WB, dan Fn3 untuk plus RAW merubah aspek rasio jadi 3:2 (kalo ini karena kebiasaan pakai DSLR) resikonya megapiksel sedikit berkurang mengatur parameter JPG (pic mode i-Enhance, Gradation Auto, Contrast -1, Sharpness +1, Saturation 0) memilih mode focus area ke grup AF, servo AF-S Kualitas foto dari sensor 16 MP di Olympus EM10 mk II termasuk baik, dengan ISO tinggi yang noisenya masih cukup aman di ISO 1600 bahkan ISO 3200 pun untuk ukuran cetak kecil masih oke. Bagi yang suka editing mungkin akan sedikit kecewa dengan RAW kamera ini yang 12 bit, khususnya saat foto yang diambil punya kontras yang melampaui dynamic range sensor micro 4/3. Hal yang penting untuk direview dari sebuah kamera selain kualitas gambar menurut saya adalah kinerja secara umum dan auto fokusnya. Dari kinerja tidak ada keluhan, kamera ini bekerja cepat, bisa menembak sampai 8,5 foto per detik juga. Auto fokus juga cepat, dan mudah untuk mengganti area fokus dengan berbagai cara misal menyentuh layar atau menekan tombol D pad. Ada beberapa opsi area fokus di kamera ini yaitu Auto, Group, 1 area dan 1 area kecil. Auto/all area AF Grup area AF Single area AF Small area AF Kamera Olympus E-M10 mk II ini punya beberapa hal yang saya sukai diantaranya : hasil foto JPG terlihat sudah oke, tonal dan akurasi warna juga bagus auto fokus cepat (kalau untuk benda diam), bisa sentuh layar juga 5 axis stabilizer bekerja baik, saya bisa dapat 1/2 detik tanpa tripod dengan lensa 12mm ada elektronik shutter, ada fitur peredam shutter shock, sync 1/250 detik, max 60 detik, ada live bulb juga bisa rekam video dengan manual eksposur, saat rekam video bisa juga ambil foto sedangkan hal-hal yang masih agak saya sayangkan dari kamera ini : 

Harga dan Spesifikasi Kamera Olympus EM10 mark II -*Penurunan kualitas dan detail foto di ISO 1600 keatas. File 12 bit RAW tidak begitu leluasa untuk editing auto fokus tidak handal untuk benda bergerak, dan karena deteksi kontras kadang fokusnya tertipu oleh latar belakang yang lebih kontras tidak ada perlindungan cuaca, meski masih wajar untuk kamera dengan harga terjangkau seperti ini auto ISO terlalu sederhana, tidak ada pengaturan minimum shutter speed Sebagai kesimpulan singkat, kamera Olympus EM10 mk II ini cocok untuk yang mencari sistem kamera micro 4/3 yang lengkap tapi dana terbatas. Memang tidak secanggih fitur di EM5 mk II tapi sudah mencukupi untuk banyak kebutuhan fotografi. Sisi lemahnya adalah untuk kebutuhan foto aksi yang perlu fokus kontinu dan/atau ISO tinggi, tapi untuk keperluan lain seperti travel, street, arsitektur, potret dsb kamera ini sudah sangat mumpuni.
Harga yang dipatok pada saat kamera ini di keluarkan :Rp 12,999,000



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.